Blog Website

Menumbuhkan Budaya Membaca di kalangan siswa SMPN 1 Cibadak dengan Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah

Home / News / Menumbuhkan Budaya Membaca di kalangan siswa SMPN 1 Cibadak dengan Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah

Program kegiatagn Gerakan Literasi Sekolah mulai  resmi dilaksanakan didalam lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 CibadakKabupaten Sukabumi, dengan dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah setelah kegiatan upacara pada hari Senin (15/08) diantaranya seluruh keluarga besar  SMPN 1 Cibadak dimulai dari guru, pegawai serta para siswa menyumbangkan buku bacaan bukan mata pelajaran yang ada disekolah, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong budaya membaca dikalangan siswa yang selama ini masih rendah.

"Gerakan ini mewajibkan para siswa untuk membaca buku yang bukan mata pelajaran disekolah selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, target yang diharapkan dari kegiatan ini dapat menciptakan budaya membaca. karena, kegiatan Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan program nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, mengingat budaya membaca dan menulis masih rendah, sehingga menjadi perhatian nasional.

Menurut Dr. Roger Farr yang dikutip Tim Gerakan Literasi Nasional, membaca adalah jantungnya pendidikan. Tanpa membaca pendidikan akan mati! Membaca merupakan batu loncatan bagi keberhasilan di sekolah dan dalam kehidupan kelak di masyarakat. Tanpa kemampuan membaca yang layak, keberhasilan di sekolah lanjutan dan di perguruan tinggi tidak mungkin. Selain itu, Glenn Doman mengatakan membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup.